Pemasaran dan Perdagangan Internasional

3 SKS

Diajarkan pada Semester 1

Mata kuliah ini merupakan kelanjutan dari mata kuliah Pemasaran dan Bisnis Internasional yang menekankan pada perdagangan internasional, kebijakan dan dampak perjanjian perdagangan bebas bilateral, multilateral maupun regional terutama untuk negara berkembang dan komoditas pertanian. Telaah kritis terhadap teori ekonomi dan metode-metode kuantitatif yang ditetapkan pada persoalan-persoalan permasalahan pertanian. Kuliah ini menekankan pada penggunaan konsep-konsep secara lebih baik dalam mengidentifikasi persoalan-persoalan pemasaran pertanian, menempatkannya dalam kerangka konseptual dengan hipotesis yang siap diuji secara empirik dan mengaplikasikan hasil-hasil uji hipotesis tersebut untuk menarik kesimpulan. Isu-isu pokok terkini yang ditelaah dalam pemasaran pertanian termasuk struktur-perilaku-kinerja pasar, resioko, efisiensi, promosi komoditas, standar kualitas, pasar berjangka dan lindung nilai, peramalan harga, kebijakan dan regulasi pemerintah.